RSS

katalog Kata dalam Seni Rupa yang berawal dari huruf ‘A’

24 Agu

ABSTRAK

  • Tidak berwujud; tidak berbentuk; mujarad; niskala;
  • ringkasan; inti, ikhtisar (karangan, laporan, dan lain sebagainya)

Seni Absrak dalam arti murni adalah ciptaan-ciptaan yang terdiri dari susunan garis, bentuk dan warna yang sama sekali terbebas dari ilusi atas bentuk-bentuk dari alam, tetapi secara lebih umum, ialah seni di mana bentuk-bentuk alam itu tidak lagi berfungsi sebagai objek ataupun tema yang harus dibawakan, melainkan sebagai motif saja. Wasilly Kandinsky adalah pioner dalam seni ini.

ABSTRAK EKSPRESIONISME

Sebuah aliran yang menumpahkan gejolak jiwa manusia yang digambarkan secara spontan / abstrak. Merupakan gerakan dalam seni lukis yang paling dinamis pada tahun 40-an. Perkembangannya terjadi di New York, dengan adanya gaya ini maka orang-orang Eropa untuk pertama kalinya mengarahkan pandangannya ke Amerika sebagai pusat perkembangan seni lukis dunia.  Pioner di dalamnya antara lain Arshile Gorky (1905-1948), Hans Hofman (1880-1966), Jackson Pollock (1912-1956), Willem de Kooning, Tomlin dan Frans Kline. Mereka juga dapat disebut sebagai “action painting”. Sumber utama gerakan ini ialah improvisasi Kandinsky yang kemudian ditambah dengan Dadaisme Duchamp serta Surealisme Miro dan Paul Klee.

ABSTRAKISME

Sebuah aliran seni yang menggambarkan sebuah bentuk yang tidak berwujud, non figuratif.

ABSTRAKSI

  • proses atau perbuatan memisahkan;
  • proses penyusunan abstrak;
  • metode untuk mendapatkan pengertian melalui penyaringan terhadap gejala atau peristiwa.

Dalam seni rupa, proses ini kerap menjadi jalan menjadi jalan untuk menangkap secara simpel dari sebuah objek / peristiwa / gejala.

ABSTRAKSIONISME

Sebuah aliran seni yang menggambarkan sebuah abstrak (ringkasan) dari sebuah tema, gejala atau peristiwa kehidupan.

ABU-ABU

  • warna yang serupa dengan abu kayu bakar; berwarna kelabu;
  • mengandung atau memperlihatkan warna yang serupa dengan warna abu;
  • pencampuran warna antara (cat) hitam dan putih;

KAWASAN ABU-ABU (gray zone) istilah yang kerap dipakai / disepakati oleh kritikus /pengamat untuk menandai sebuah kawasan yang dianggap di luarmainstream (Euro America) dan tidak berada di lingkungan yang jelas, yaitu negara-negara ketiga seperti Asia Pasifik dan Afrika, di satu sisi arus ini memang melepaskan dominasi arus utama dan disisi lain meninggalkan konfrontasi Barat-Timur. Dalam arus ini standar universal tidak lagi dibicarakan dan diperdebatkan lagi kebenarannya.

ACANTHUS

Ornamen berbentuk daun yang menyerupai telapak tangan yang berasal dari daun tumbuh-tumbuhan Accanthus Mollis. Ornamen ini merupakan bentuk karakteristik dari gaya Corinthia. Motif ornament ini banyak dijumpai pada pilar-pilar dan bangunan pada zaman Byzantine, Romanesque dan Renaissance.

ADVERTISING

Berasal dari kata advertise yang berarti mengiklankan, memperlihatkan. Dalam seni rupa hal ini sering dikaitkan dengan dunia desain komunikasi visual yang merupakan salah satu bentuk penguasaan bagaimana cara memperlihatkan, mengiklankan dan mempromosikan produk-produk baik jasa maupun barang.

AIRBRUSH

Merupakan salah satu cara melukis dengan menggunakan udara bertekanan tinggi untuk menyemprotkan cat pada canvas. Teknik ini mempergunakan alat khusus yang memiliki semacam mata pena dengan ukuran yang bermacam-macam untuk menghasilkan jenis semprotan yang diinginkan, mulai dari membuat titik kecil hingga besar.

AKHROMATIK

Merupakan warna yang terdiri dari hitam, putih, dan abu-abu. Dapat dikatakan keadaan tidak berwarna, mengandung zat yang sudah diwarnai, sehingga ada yang menganggap bahwa hitam dan putih bukan merupakan warna.

AKRILIK

Salah satu bahan melukis yang megandung polimer ester poliakrilat, sehingga memiliki daya rekat yang sangat kuat terhadap medium lain, dan standarpengencer yang digunakan adalah air.

AKSESORI

Barang tambahan atau barang alat ekstra yang berfungsi sebagai  penambah nilai bagi alat lain. Aksesori dianggap karya seni yang dapat berdiri sendiri yang dapat ditampilkan sebagai ragam pesona tersendiri. Lebih tepatnya karya kerajinan yang berhubungan dengan benda pakai lainnya sehingga terlihat lebih member perhatian.

AKUATIN (Aquatint)

Merupakan salah satu proses / teknik dalam seni cetak grafis. Kata Aquatintdigunakan atas pertimbangan bahwa reproduksi Aquatint itu mirip dengan gambar aquarel (transparan). Sebagai dasar berkarya adalah bahan tembaga atau seng yang diberi lapisan resin ( kolofonia atau bila berbebtuk cairan disebut terpetin ). Agar lebih melekat logam dilapisi pelindung kemudian dipanaskan, lalu dilanjutkan dengan proses pengasaman.  Disini akan terjadi perbedaan  tinggi  rendahnya gigitan asam pada lembaran seng tadi. Teknik akuatin jarang dipakai sendirian, kecuali untuk cetakan berwarna. Paul Sanby (1725-1809) adalah orang Inggris yang banyak dikenal sebagai orang pertama memakai teknik ini. Juga seniman Fransisco Goya (1746-1828) sangat kuat dalam mengekplorasi teknik ini, oleh karena itu ia mendapat julukan  the greatest master for the technique (aquantin) (B.S. Myers). Teknik ini sendiri ditemukan oleh Jean Baptiste le Prince (1734-1784) pada tahun 1769.

AKULTURASI

Istilah ilmu sejarah kebudayaan yang berarti proses pencampuran antara dua kebudayaan atau lebih, yang saling bertemu dan saling mempengaruhi  yang ditandai dengan bilingualitas. Ketike budaya bertemu, ada 3 kemungkinan proses yang terjadi yaitu: perlawanan (konfrontasi); saling menyerap hingga muncul sesuatu yang baru (asimilasi hingga membuahkan sintesis budaya baru untuk kelangsungan hidup); dan ketiga penyesuaian (adaptasi). Apabila satu budaya lebih kuat dalam daya penyesuaiannya hingga yang baru disesuaikan dengan mencangkokkan pada yang ada atau yang ada menyesuaikan diri dengan yang baru. Bila fisik tak berdaya, namun roh budaya mampu beradaptasi. Dalam seni rupa istilah ini sebenarnya tidak begitu banyak dipakai tetapiakulturasikerap terjadi dengan sendirinya pada karya seni rupa, misalnya latar budaya seorang perupa sangat mempengaruhi hasil dan proses kreatif ketika merespon keadaan yang dialaminya.

ALABASTER

Sejenis batu Kristal yang tonasi warnanya dari putih ke kuning muda. Jenis batu ini banyak digunakan di Assyria untuk benda-benda pakai (bentuk-bentuk tong kecil) dan juga sebagai relief-relief besar dan bahkan juga sebagai patung-patung monumental.

ALAPRIMA

Teknik melukis sekali (dan langsung) jadi, biasanya menggunakan cat air pada media kertas atau kanvas. Teknik ini hamper sama dengan teknik transparan (aquarel). Di mana cat yang telah tergores pada kertas tidak dapat lagi diperbarui ataupun diperbaiki dan biasanya sangat bergantung pasa kemampuan dan pengalaman kreatornya.

ALIRAN

Merupakan faham atau isme yang lebih menyangkut pandangan atau prinsip yang lebih dalam sifatnya dari suatu karya seni rupa, dan aliran tidak hanya ditentukan oleh bentuk fisik (visual) karya seni. Aliran lebih cenderung berartipaham, haluan, pendapat yang bersifat politis-ideologis, termasuk mempersoalkan gaya hidup. Sebagai contoh adalah Dekoratif Naivisme, dekoratif adalah gaya (prinsip / bentukluar gambar) sedang naivisme adalah aliran (prinsip ekspresi dalam karya).

ANATOMI PLASTIS

Penunjang studi dalam berkarya yang secara khusus mempelajari anatomi (struktur / bagian) tubuh mmanusia yang digambaarkan secara plastis (bervolume).

ANIMASI

Secara harfiah berarti menghidupkan. Animasi merupakan system bagaimana menggerakkan gambar-gambar dengan berbagai efek yang dipakai agar gambar tersebut terlihat hidup dan bergerak, biasanya alat yang dipakai adalah media foto atau film, yang sebelumnya biasanya merupakan hasil dari teknik menggambar secara manual atau dengan tangan.

APERTURE

Lubang yang mengatur masuknya cahaya melalui lensa film.

APOTIK KOMIK

Sekumpulan para perupa yang berasal dari latar belakang pendidikan akademik, ISI Yogyakarta yang kemudian beraktivitas seni dengan mengeksplorasi keberadaan komik sebagai media dan inspirasi berkarya. Mereka antara lain adalah Samuel Indratma, Bambang “Toko” Wijanarko, Popok Tri Wahyudi, dan Ari Diyanto. Sejak 1997 banyak rangkaian kegiatan yang telah mereka lakukan sepertipameran komik tembok, penerbitan komik-komik, dan lain-lain. Pada tahun 2000 mereka membuat ruang pamer yang disebut Galeri Publik, di mana ia hanya berupa tembok berukuran 1123 x 228 cm di tepi jalan Gamelan (nJeron Benteng) Yogyakarta. Media ini diperuntukkan bukan untuk oleh Apotik Komik tetapi juga mereka (perupa) yang berkeinginan meresponnya, dan penontonnya adalah public yang lalulalang di jalan tersebut.

APPLIED ART (seni terap)

Karya seni terap ini dipersepsikan sebagai karya seni yang dipakai untuk keperluan kehidupan sehari-hari secara langsung, seperti kerajinan, desain produk, desain grafis, dan lain-lain di luar yang memiliki fungsi sebagai benda pajangan (seni murni). Kata applied art sebenarnya dapat pula menyandang fungsi personal, dan fungsi social bagi kehidupan.

APRESIASI

Mengerti dan menyadari penuhnya seluk beluk hasil seni serta menjadi sensitif terhadap segi-segi didalamnya, sehingga mampu menikmati dan menilai karya dengan semestinya. Kemampuan mengamati dan menanggapi karya seni atau bentuk visual atau tekstual yang ada dalam karya seni, disana bukan sekadar kemampuan mencatat cirri-ciri (atau data) yang ada pada objek, namun lebih dari itu kesanggupan menemukan kandungan objek itu menjadi penting. Beberapa hal yang penting dalam mengamati / mengapresiasi karya seni adalah seringnya mengamati (perception constancy),  latar belakang informasi, kondisi psikolohi saat mengamati karya.

AQUAREL

Teknik melukis yang menggunakan cat air (transparan) sehingga lapisan cat yang ada dibawahnya (disapu sebelumnya) atau warna kertasnya masih nampak. Warna putih hamper tidak pernah dipakai, sebagai gantinya adalah wana kertas. Semakin banyak air yang digunakan akan mengencerkan cat, maka catnya semakin transparan. Kertas yang digunakan adalah bebas kayu (hanya terdiri dari selulosa) dan unsure minyak, yang terbuat daribahan dasar kain.

Airbrush

Adalah teknik pewarnaan yang menggunakan bantuan (tekanan) udara dalam menyemprotkan cat/ pewarna pada bidang gambar.

Airbrush Painting: teknik menggambar/ melukis menggunakan media cat semprot/ cat yang disemprotkan menggunakan tekanan udara dari mesin kompresor.

Aesteties : bersifat indah, karya seni yang indah, nilai-nilai keindahan.
Aliran : ciri ekspresi personal yang khas dari seniman dalam menyajikan karyanya – isi karya(makna).

Art Seni : kepandaian, sesuatu yang indah, kagunan, anggitan.

Balance : keseimbangan unsur rupa.
Basics design : dasar-dasar desain, nirmana.
Basics visual : dasar-dasar rupa, rupa dasar.

Colour : warna, color
Colour image : skema warna
Complementer : 2 warna yang berlawanan dalam lingkaran warna
Composition : komposisi unsur rupa
Contrast : tingkat kecerlangan, cerlang.
Craft : kerajinan, keterampilan, seni kriya.
Creativity : bersifat kreatif, dunia kreatif
Cultural identity : jatidiri budaya, identitas budaya
Design : rancangan, karya rancangan, penggambaran, gagas rancangan, pemecahan rupa, susunan rupa, tata rupa, konsep rupa, bahas rupa.
Design principles : asas-asas desain.

Ekplorasi : latihan-latihan pencarian untuk kebutuhan karya seni.

Ekspresionisme : aliran seni yang menampilkan kondisi kedalaman hati/perasaan

Gaya : ciri bentuk luar yang melekat pada wujud karya seni.
Genre kesenian : jenis / bentuk / fungsi seni sebuah pertunjukan dilakukan.

Industrial design : disain produk industri, disain produk, disain industri.
Intensity chroma : kualitas cerah atau suramnya warna.

Konvensional : aliran atau gaya penampilan yang biasa-biasa saja sesuai dengan kebiasaan yang berlaku.

Line : garis

Pesta Rakyat : kegiatan-kegiatan adat budaya selalu dikaitkan dengan kejadian penting misalnya : kelahiran, perkawinan dan kematian dalam suatu masyarakat tertentu dengan bentuk-bentuk kegiatan seni.
Point of view : titik fokus.
Proportion : proporsi, kepatutan bentuk, idealisasi rupa.

Seni : kegiatan sadar manusia dengan perantaraan/medium tertentu untuk menyampaikan perasaan kepada orang lain.

Shade : value warna yang lebih gelap dari warna normal.
Shape : bangun atau bentuk plastis (form)
Stilasi : menyederhanakan gerak dengan meniru gerak alami (seperti gerak bermain, gerak bekerja, dan lain-lain).

Texture : barik, kondisi permukaan suatu benda atau bahan.
Three dimensional design : bentuk tiga dimensi, nirmana tiga dimensi.
Tint : value warna yang lebih terang dari warna normal.
Traditional art : Seni tradisi.
Two dimensional design : bentuk dua dimensi, nirmana dua dimensi, datar.
Unity : kesatuan rupa.
Velue : nilai, bobot.
Visual art : seni rupa
Visual culture : budaya rupa, dunia kesenirupaan.
Visual principles : prinsip-prinsip rupa.

 

 

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 24, 2014 in Tak Berkategori

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
RK Studio

Abadikan momen berharga anda bersama orang terkasih

studio hijab

grosir-ecer busana muslim

studiorupa

Mari Berkarya Seni Rupa

Matgami Studio

seni adalah gambaran kemajuan peradaban

matgami

paper craft - origami, Indonesia

Catatan Dahlan Iskan

dahlaniskan.wordpress.com

ICHWAN MAHFUZ

Melipat Kertas

haditahir

origami...! FSX...! Pepakura...!

Izzytheart's Blog

Just another WordPress.com site

Keretamerahpenuhwarna's Blog

Just another WordPress.com site

The Bandit's News

Slow To Be Update

Fadil Ibnu Ahmad

Goresan Pena Mujahid

Hamble's Blog

do the most

Fisika dan Ika

Fisika Tidak hanya Rumus Belaka

Talk About Life

let's talk about anything in this life

yelti septiria

all about life is the story of a struggle and it will be history

Bumsil

berdiri sedjak mahalnya biaya pendidikan

Auliyanti's Blog

Just another WordPress.com site

%d blogger menyukai ini: