RSS

MENGENAL PERALATAN SABLON

12 Feb

Sebelum kita belajar tentang teknis proses menyablon, terlebih dahulu kita harus mengenal beberapa peralatan dan perlengkapan yang penting dalam sablon. agar ketika praktiknya akan lebih mudah mengenal, dan tidak bingung dengan peralatan yang disebutkan ketika teknis menyablon.
berikut peralatan yang kita butuhkan beserta penjelasannya:

1. Film sablon. Bisa dikatakan model gambar/desain/tulisan yang akan kita tuangkan dalam obyek sablon (kaos, kertas, plastik, karton, dsb. Film ini dibuat melalui desain komputer yang diprint pada kertas karkil/kertas hvs yg diberi sedikit minyak tanah agar terlihat transpsaran seperti kertas karkil.(disarankan menggunakan tinta laser karena hasil gambar lebih tertutup dan tajam) . Biasanya Desain sablon banyak dibuat menggunakan applikasi Coreldraw ataupun Adobephotoshop.

2. Screen (baca: skrin), merupakan media yang dipakai untuk mengantarkan tinta sablon ke obyek sablon. Bentuknya balok yang disusun persegi empat kemudian dipasang kain khusus. Ukurannya bermacam-macam, misalnya ada screen yang berukuran 30x40cm, 20×30 cm, bahkan ada screen ukuran “raksasa” yang biasa dipakai membuat spanduk.

3. Rakel. digunakan untuk mengkuaskan tinta sablon yang ada di Screen supaya tercipta gambar di obyek sablon. Bahannya dari karet yang diberi pegangan kayu memanjang. jenisnya bervariasi tergantung pada media apa kita menyablon.

4. Tinta sablon. Bermacam-macam jenis dan nama tinta bergantung dari jenis sablonan apa yang akan kita buat. untuk menyablon pada media kain/kaos saja memiliki beragam jenis cat dan kegunaan bergantung dari hasil sablon yang kita inginkan.. Ada tinta sablon yang bisa timbul setelah kita setrika/ di press, ada yang tidak timbul(rubber), ada yang berbulu(flocking), ada yang seperti karet(plastisol).

5. Cairan-cairan pencampur. digunanya untuk mencampurkan tinta agar sesuai dengan tingkat kekentalan and warna yang diinginkan. biasanya digunakan pada tinta berbasis minyak seperti pvc(cat untuk plastik), plastisol(cat untuk kaos) diantaranya: cairan M3( sifatnya keras dan baunya menyengat, cepat melarutkan lemak seperti plastik, karet dan kulit) , M3 Super( lebih keras dari m3 biasa), tinner, minyak tanah, dan sebagainya. saran( sebaiknya ketika aka menyablon gunakan sarung tangan, agar kulit tidak rusak, dan gunakan masker agar pernafasan tidak terganggu ketika menggunakan cat/ campuran seperti m3. karena dapat menyebabkan kerusakan fungsi pernafasan)

6. Meja sablon. Meja sablon terbuat dari rangka besi ato kayu. Di bagian atas adalah kaca transparan, dan dibawahnya diletakkan lampu neon agar bisa terlihat jelas saat menyablon.

7. Hair dryer. Jangan kira alat ini cuman dipake di salon aja. hairdryer berguna untuk mengeringkan sablonan, jangan mengeringkan sablonan dengan menjemur dibawah terik matahari karena dapat merusak warna sablonan. jika ingin cepat kering press hasil sablonan dengan alat press kaos.

8. Lampu Neon, temannya meja sablon. Diletakkan di bawah kaca meja yang ditempel dengan rangka besi ataupun kayu.

9. Tempat penjemuran. Ini bisa berupa kayu panjang berukuran 1,5 meter untuk tempat menjemur kaos yang sudah disablon agar cepat kering. Jumlahnya tergantung banyaknya kaos yang disablon. gunakan angin untuk mengeringkan hasil sablonan.

10. Beberapa peralatan pendukung. biasanya kita lebih banyak membutuhkan beberapa peralatan pendukung agar menyablon lebih mudah dan cepat. Banyak perlatan yng kadang tak terpikirkan ternyata bisa membantu proses menyablon ini. seperti penggaris, sarung tangan karet, papan,dll.

dari: bumsil.wordpress.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 12, 2012 in pendidikan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
RK Studio

Abadikan momen berharga anda bersama orang terkasih

studio hijab

grosir-ecer busana muslim

studiorupa

Mari Berkarya Seni Rupa

Matgami Studio

seni adalah gambaran kemajuan peradaban

matgami

paper craft - origami, Indonesia

Catatan Dahlan Iskan

dahlaniskan.wordpress.com

ICHWAN MAHFUZ

Melipat Kertas

haditahir

origami...! FSX...! Pepakura...!

Izzytheart's Blog

Just another WordPress.com site

Keretamerahpenuhwarna's Blog

Just another WordPress.com site

The Bandit's News

Slow To Be Update

Fadil Ibnu Ahmad

Goresan Pena Mujahid

Hamble's Blog

do the most

Fisika dan Ika

Fisika Tidak hanya Rumus Belaka

Talk About Life

let's talk about anything in this life

yelti septiria

all about life is the story of a struggle and it will be history

Bumsil

berdiri sedjak mahalnya biaya pendidikan

Auliyanti's Blog

Just another WordPress.com site

%d blogger menyukai ini: