RSS

PENGELOLAAN TENAGA KEPENDIDIKAN

20 Jan

oleh Rahmat Hidayat (0807469) Tugas Rangkuman Mat.Kul. Pengelolaan Pendidikan

PENGELOLAAN TENAGA KEPENDIDIKAN

Pentingnya Pengelolaan Tenaga Kependidikan

Dalam perkembangan organisasi dari waktu ke waktu di berbagai Negara memunculkan kesepakatan bahwa sumber daya manusia merupakan aspek yang sanagat penting, karena kontribusi sumber daya manusia dinilai sanagat signifikan dalam pencapaian organisasi. Dalam mencapai tujuan organisasi melalui pengelolaan sumber daya yang di miliki secara tepat dan relevan maka aktivitas yang berkenaan dengan manajemen sumber daya manusia menjadi bagian yang tak terpisahkan dari dinamika suatu organisasi.
Mengacu pada globalisasi yang menuntut keunggulan bersaing dari setiap organisasi, persaingan global telah meningkatkan standar kinerja dalam berbagai dimensi, meliputi kualitas, biaya dan oprasional yang lancar. Standar tersebut senantiasa dinamis dan membutuhkan pengembangan yang lebih lanjut dari organisasi dan para pegawainya. Dengan menerima tantangan dari standar ini organisasi yang efektif Melakukan hal efektif untuk bertahan dan meningkatkan kemampuan strategisnya.
Dalam system pendidikan nasional, organisasi dalam system ini merupakan sub system yang memiliki sumber daya manusia yang harus di kelola secara tepat. Mereka adalah tenaga kependidikan yang berperan penting dalam mewujudkan tujuan organisasi kependidikan.
Kepentingan manusia dalam organisasi kependidikan bukan hanya mengungguli unsure materi ataupun peraturan yang ada, akan tetapi untuk potensi yang memiliki nilai ekonomis yang relatif lama, sekitar 25-35 tahun. peningkatan mutu pendidikan tergantung pada seberapa jauh kontribusi yang di berikan sumber daya manusianya.
Untuk mencapai mutu pendidikan yang tinggi tujuan harus di rumuskan, kebijakan harus di buat dan di tetapkan, fasilitas harus disediakan, keuntungan harus diperoleh, dan setiap pelaksanaan tugas dimanapun harus dikoordinasikan. Semua kegiatan tersebut akhirnya akan terpulang pada sejumlah orang (tenaga kependidikan) yang terlibat.
Ditingkat nasional pengelolaan tenaga kependidikan merupakan langkah penting dalam mewujudkan system pendidikan nasional yang efektif dan efisien.

B. Tujuan dan Tantangan Pengelolaan Tenaga Kependidikan

pengelolaan tenaga kependidikan bebeda dengan pengelolaan tenaga kerja dalam organisasi bisnis atau perusahaan dan instansi pemerintahan lainnya. Dalam dunia pendidikan penngelolaan atas tenaga kerja ini beorientasi pada pembangunan pendidikan, dimana bidang garapan dan keluarnya jelas berbeda dengan bidang garapan dan keluaran perusahaan dan instansi pemerintahan atau organisasi lainnya. Hal tersebut sejalan dengan karakteristik aktivitas dunia pendidikan yang menjadi pembeda dengan aktivitas dibidang lainnya.

Adapun tujuan pengelolaan tenaga kependidikan itu adalah agar mereka memiliki kemampuan, motifasi kreatifitas untuk dapat mewujudkan system sekolah yang mampu mengatasi kelemahan-kelemahannya sendiri. Selain itu juga secara berkesinambungan menyesuaikan program pendidikan sekolah tehadap kebutuhan kehidupan(belajar) peserta didik dan terhadap persaingan kehidupan dimasyarakat secara sehat dan dinamis dan juga membentuk kepemimpinan yang menjamin munculnya peningkatan produktifitas pendidikan sebagai paduan fungsi keefektifan, efisiensi dan ekuitas (keadilan) melalui pengelolaan tenaga kependidikan yang rasional dan professional.

Jenis-jenis Tenaga Kependidikan
Dewasa ini umumnya masyarakat mulai melihat bahwa pengelolan tenaga kepenidikan yang merupakn salah satu tugas dan tanggung jawab administrasi pendidikan tidak lagi terfokus pada penanganan masalah guru sebagai staf pengajar semata mata.
Dilihat dari jabatannya tenga kependidikan ini dapat kita bedakan menjadi tiga jenis, yaitu tenaga structural, tenaga fngsional dan tenaga teknis penyelenggara pendiidkan. Tenaga structural merupakan tenaga kependidikan yang menepati jabatan-jabatan ekslusif umum (pimpinan) yang bertanggung jawab atas satuan pendidikan. Tenaga fungsional merupakan tenaga pendidik yang menepat jabatan fungional yaitu jabatan yang dalam pelaksanaan kerjanya mengandalkan keahlian akademis kendidikan. Sedangkan tenaga teknis kependidikan merupakan tenaga kependidikan yang dalam pelaksanaan pekerjaannya lebih dituntut kecakapan teknis oprasional atau teknis administratif.
Semua jenis tenaga kependidikan diatas karena terkait tenggung jawabnya baik secara lansung maupun tidak lansung mempengaruhi dan menentukan kondisi sekolah. Menurut undang undang yang berlaku di Indonesia, yaitu UUSPN no.20 tahun 2003, khususnya BAB I pasal1 ayat 5 mnyebutkan bahwa tenaga kependidikan itu adalah anggota masyarakat yang mengbdikan diri dan diangkat untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan, dan ayat 6 yaitu pendidik adalah tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai dosen, uru, konselor, pamong belajar, widyaiswara, tutor, instruktur, fasilitator, dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya, serta berpartisipasiĀ  dalam penyelenggaraan pendidikan.

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 20, 2012 in pendidikan

 

2 responses to “PENGELOLAAN TENAGA KEPENDIDIKAN

  1. ranti muliati

    September 30, 2013 at 11:10 am

    Izin copy ya,, untuk tugas kuliah saya, semoga ilmunya bermanfaat, Aamiin…

     
    • Rahmat koto

      Februari 14, 2014 at 4:18 pm

      silahkan,,

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
RK Studio

Abadikan momen berharga anda bersama orang terkasih

studio hijab

grosir-ecer busana muslim

studiorupa

Mari Berkarya Seni Rupa

Matgami Studio

seni adalah gambaran kemajuan peradaban

matgami

paper craft - origami, Indonesia

Catatan Dahlan Iskan

dahlaniskan.wordpress.com

ICHWAN MAHFUZ

Melipat Kertas

haditahir

origami...! FSX...! Pepakura...!

Izzytheart's Blog

Just another WordPress.com site

Keretamerahpenuhwarna's Blog

Just another WordPress.com site

The Bandit's News

Slow To Be Update

Fadil Ibnu Ahmad

Goresan Pena Mujahid

Hamble's Blog

do the most

Fisika dan Ika

Fisika Tidak hanya Rumus Belaka

Talk About Life

let's talk about anything in this life

yelti septiria

all about life is the story of a struggle and it will be history

Bumsil

berdiri sedjak mahalnya biaya pendidikan

Auliyanti's Blog

Just another WordPress.com site

%d blogger menyukai ini: